Share the Dreams

Karimun Wagon R

Memilih mobil sebaiknya menyesuaiakan dengan kebutuhan dan anggaran. Khususnya untuk anggaran yang terbatas, saat ini terdapat mobil dengan kategori LCGC (Low Cost Green Car / mobil murah ramah lingkungan). Diantara LCGC yang cukup populer diambil sebagai sample adalah: Suzuki Karimun, Toyota Agya / Daihatsu Ayla dan Datson Go. Dan berikut ini ulasan untuk Karimun Wagon R.

Karimun telah lama diproduksi dan saat ini telah berevolusi menjadi Karimun Wagon-R. Karena dimensi bentuk yang dirasa aneh maka sering muncul pertanyaan tentang kehandalan Karimun. Namun demikian berbagai pertanyaan maupun dugaan sebagian besar dilatar-belakangi oleh kondisi kurang mengenal dengan baik.

Karimun Wagon R didesain untuk memenuhi kebutuhan minimalis pengguna mobil. Meski minimalis Karimun memiliki performa yang lebih dari cukup dan handal di kondisi jalanan umum sehari-hari. Bentuk yang anti mainstream adalah untuk mendapatkan ruang kabin dengan plafon yang cukup tinggi, posisi kemudi yang baik dan ground clearance yang juga tinggi.

Plafon tinggi berpengaruh pada sirkulasi udara yang lebih banyak; sehingga rasa gerah/panas bisa sedikit berkurang. Banyak teman yang terkejut bahwa dalam perjalanan berangkat dan pulang kantor (pagi dan sore) dengan Wagon R saya tidak menghidupkan AC karena tidak merasa kepanasan. AC hanya perlu dihidupkan saat perjalan siang yang panas dan saat hujan deras untuk mencegah pengembunan di kaca.

Kabin yang lumayan tinggi memudahkan langkah keluar atau masuk mobil karena tidak perlu terlalu merundukkan punggung terutama bagi mereka yang berpostur tubuh tinggi.

Posisi kemudi tinggi membuat pandangan lebih leluasa, selain itu silau dari lampu kendaraan lain di malam hari sedikit berkurang dibanding bila posisi kemudi rendah.

Ground clearance tinggi tentu lebih aman untuk kebanyakan kondisi jalan di Indonesia dimana masih terdapat banyak jalan yang tidak mulus, berlubang, tergenang air dan juga polisi tidur.

Bagaimana dengan air intake nya? ya pasti lumayan tinggi sehinggal relatif aman dari air banjir

Prinsip penghematan komprehensif merupakan salah satu karakter unggul dari Wagon R, mulai dari harga pembelian & penjualan, operasional, perawatan, suku cadang dan juga masalah pajak yang relatif rendah.

Bila dirangkum berikut ini keunggulan dari Wagon R:

  1. Termasuk kategori mobil Low Cost Green Car yang mendekati harapan: irit BBM, harga beli & jual bagus, perawatan murah dan pajak tidak terlalu tinggi.
  2. Performa mesin yang baik: suara halus, getaran kecil, kuat di tanjakkan dan mampu dihandalkan dalam jangka panjang.
  3. Dimensi bentuk yang sesuai untuk kebutuhan minimalis.
  4. Posisi dan kendali kemudi yang bagus.
  5. Ground clearance dan air intake cukup tinggi.

Memilih LCGC Wagon R berarti menaruh perhatian pada:

  1. Penghematan.
  2. Keramahan lingkungan.
  3. Rasa tanggung jawab yang tinggi.

Secara keseluruhan saya puas sebagai pengguna Wagon RGS, bila anda sedang memilih mobil dan merasa cocok dengan karakater diatas maka jangan ragu-ragu membeli Karimun Wagon RGS 🙂

Akhirnya tiada gading yang tak retak dan ini sedikit harapan untuk pengembangan Wagon R berikutnya: alangkah baiknya bila kursi belakang ditinjau lagi: lebarnya, ketebalan spons dan headrest nya. Noise dari ban masih perlu lebih diredam. Kemudian lampu kabin seharusnya sudah menggunakan LED dan posisinya ditengah antara kusi depan dan kursi belakang. Power window pintu belakang merupakan hal pokok saat ini sehingga jangan sampai ketinggalan.

Tulisan selanjutnya menyusul: berapa yang bisa dihemat dengan Wagon R?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: