Share the Dreams

Kartini Effect

kartini kuSubuh tadi dalam perjalanan menuju langgar, seperti biasa saya melewati sebuah salon. Tapi.. ada yang lain dari biasanya karena di pagi buta ini terlihat aktifitas di salon itu. Pagi-pagi begini sudah sibuk? Sesaat kemudian sepulang dari langgar sudah banyak pelanggan di salon itu. Pada ngapain ya mereka, apa ada hajatan jadi pagi-pagi sekali harus sudah bersiap-siap?

Jadi ingat sekitar seminggu yang lalu saya dengar negosiasi antara pemilik dan pelanggan untuk tata rias tanggal 21. Waktunya setelah subuh, bahkan ada yang mau datang jam 2 malam! Saya ingat-ingat kembali apa yang mereka bicarakan, o… iya mereka mau meriaskan putra-putrinya dalam rangka mengikuti sebuah acara di sekolah.

Tanggal 21 kesibukan di salon-salon meningkat diserbu pelanggan, untuk menyewa kostum atau untuk merias. Sampai-sampai ada yang mau datang jam 2 malam. Apa nggak ngantuk ya, kasihan juga kan anaknya?

Ingat tanggal 21 April ingat hari Kartini. Sebuah momen penting bagi bangsa ini untuk mengingatkan kembali akan eksistensi kaum perempuan Indonesia.

Selamat hari Kartini perempuan Indonesia! Semoga semangat Kartini mampu menginspirasi dan membangkitkan kaum perempuan sesuai kodrat dan jamannya.

Terlepas dari apa dan bagaimana cara orang memperingati dan memaknai perjuangan Kartini, kesibukkan yang cukup unik pada tanggal 21 April di salon-salon merupakan sebuah Kartini Effect 🙂

Sekedar menulis nih, soalnya sudah berapa bulan saya ”nggak mampu” nulis, sebagai pengobat rinduku untuk ngeblog lagi, to keep blogging…hehe.

Makna apa yang bisa digali dari sebuah perjuangan emansipasi. Efek apa saja yang muncul karena emansipasi itu. Tak banyak diperhatikan orang saat ini, seolah sudah menjadi suatu yang wajar terjadi bahwa perempuan sah-sah saja memainkan perannya sesuai dengan keinginannya. Namun demikian perempuan mempunyai kodrat yang sebaiknya tak boleh dilupakan, sehingga terjaga perannya sebagai perempuan.

Ada yang tak kalah pentingnya di tanggal 21 ini adalah hari jadi Kartiniku.

Kartiniku

Tak terasa tiga tahun berlalu
Sejak fajar mulai tersenyum
Menyapa menggantikan malam
Menyambutmu bersama embun
Mencurahkan kesejukkan dan kehangatan
Meletakkan sebuah asa yang terhampar

Maafkan aku untuk terbatasnya waktu
Untuk kesibukan paruh duniaku

aku masih terlalu sibuk
Selamat ulang tahun ke 3 Kartiniku !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: