Share the Dreams

Windows XP not Connected

Kira-kira setahun yang lalu seorang teman meminta saya memeriksa komputernya karena nggak bisa konek ke internet. Seperti biasa saya coba dan cek setting pada Windows XP yang dia gunakan. Dial-up maupun LAN ngga bisa nyambung. Parahnya tidak terlihat adanya kesalahan setting, jadi bingung kan apa masalahnya. Semua status network dalam keadaan normal.

Setelah diamati ternyata DNS Query tidak berfungsi demikian juga DHCP. Kalau IP di setting secara manual tidak masalah dan utility ping juga jalan. Tapi karena DNS tidak berfungsi jadi sama saja susah untuk internet.

Ditelusuri dengan utility ipconfig /renew muncul pesan:

An error occure while renewing interface local area connection: an operation was attempted on something that is not a socket.

Saya coba saja utak-atik setting tapi tidak menyelesaikan masalah karena tidak ada kesalahan setting. Coba re-install dan reset tcp/ip juga tidak membuat lebih baik. Re-install windows dengan repair install hasilnya nihil. Windows XP cannot repair this error?

Akhirnya terpaksa deh dengan fresh install, baru networknya bisa jalan lagi. Untuk satu kasus ini saya berhasil mengatasi dengan cara fresh re-install😛 Cara ini tentu banyak memakan waktu belum lagi kalau harus install aplikasi & setting lainnya.

Di lain waktu saya merasa dikerjain lagi: ada 4 komputer sekaligus yang terkena gejala sama, windows xp cannot connect. Mana lagi sibuk & banyak kerjaan dan ke 4 komputer itu juga ngga mau nunggu lama keburu digunakan. Wah bisa kacau nih mau bantuin teman tapi lagi banyak kerjaan, apa harus re-fresh install semua?

Menemukan Biang Keroknya
Dengan sedikit eksperiman serta baca-baca referensi, akhirnya saya temukan kegagalan network ini ada beberapa penyebab yaitu:

  1. File system TCP/IP Windows rusak (bisa karena serangan virus)
  2. Kegagalan Firewall System atau Firewal Pihak Ketiga misalnya mcafee firewall
  3. Trasmitter ethernet rusak (kerusakan hardware bukan software)
  4. Mungkin ada penyebab lain saya belom tahu?

Mengatasi Masalah
Karena ada 3 kemungkinan penyebabnya jadi ada 3 skenario untuk mengatasi. Pertama jika file TCP/IP Windows rusak (mungkin karena serangan virus atau hal lain) bisa diganti dengan file baru asal versinya sama. Ada 3 file yang perlu diganti (afd.sys; tcpip.sys; netbt.sys). Ini jelas akan menghemat waktu dibanding kalau harus fresh install, ingat versi filenya harus sama. Setelah ketiga file tersebut saya copy maka windows xp kembali normal.

Masalah yang kedua adalah gagalnya kerja firewall di windows, terutama firewall dari pihak ketiga seperti Mc Affee Firewall. Program seperti itu bekerja di network layer, jadi kecil kemungkinan user bisa memperbaikinya. Cara mengatasi paling mudah adalah dengan mencopot firewall dengan uninstall. Kalau gagal menemukan uninstall utility tentu lebih sulit lagi. Harus diperkirakan kira-kira program firewall apa yang pernah terinstall disini, kemudian coba install sehingga utility uninstall kembali tersedia.

Masalah ketiga juga saya temukan, ternyata kerusakan bukan pada windows tetapi pada ethernet (network card). Yang menjengkelkan adalah status network card tidak rusak, alias semua berjalan normal bila dilihat dengan windows device manager. Kerusakan mungkin hanya pada bagian kecil ethernet yaitu pada transmitternya. Cara mengatasi paling jitu adalah ganti network card dengan yang baru. Pada kasus ini utility ping tidak mendapat respon sama sekali, semua fungsi windows normal termasuk network status.

Ternyata beberapa teman saya yang lain bernasib sama, apakah ini salah satu kelemahan windows xp? Nah kalau anda menjumpai kasus semacam ini cobalah cara diatas bisa menghetmat waktu anda.

.: Taut yang relevan

Comments on: "Windows XP not Connected" (6)

  1. Pak Cahya, ditempat saya hampir semua komputer mengalami hal yang sama, saya termasuk awam ne dlm network, tolong cerita Pak gmn cra ganti 3 file yg dimaksud.

    Terima kasih atas bantuannya

  2. #1. Syaiful, file-file yang dimaksud (ada 3) ada di direktori /windows/system32/drivers pada windows XP yang sudah terinstall. Copy file tersebut dari windows yang berjalan normal kemudian di paste (overide) ke direktori /windows/system32/drivers pada windows yang dicurigai rusak. Tapi ada syaratnya versi windowsnya harus sama, misalkan windows xp service pack-2 harus juga diganti dengan file dari windows xp service pack-2 yang masih baik. Beda versi bisa menyebabkan kegagalan network. Mungkin file-file tersebut juga terdapat pada cd master windows xp, tapi untuk menemukannya kita harus cari dan extract dulu dari master program itu, baru bisa di copy. Lebih mudah & cepat kalau copy dari system yang sudah jadi kan🙂

  3. Trima kasih atas informasinya, saya lagi mencoba …… smoga kita bisa sharing lagi informasi lain, thank..

  4. trims infonya…. sudah dicoba semua tapi ndak berhasil.😛

    sudah reset winsock juga… dll sempat mw install ulang.

    berhasilnya setelah saya cabut power dari router/modem adsl bawaan speedy dan switch d~link… perkiraan saya karena ada bentrok MAC address ato apa gitu. hehehe

  5. pak cahya saya ada masalh dgn firewall nya. firewall yg asli windows tidak ada pilihan enablenya semua tertutup ( warna abu2 tidak bs di klik). gimana mengatasinya.. terimakasih…

  6. @Yong Ma saya belum pernah mengalami spt itu. Kemungkinan hal itu terjadi karena proteksi software agar tak bisa dirubah, bisa disebabkan program firewall utility pihak ke-3 seperti symantec, mc-affee dsb yang mengalihkan semua kontrol firewall pada software mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: