Share the Dreams

Perilaku Sehat

Hasil penelitian yang cukup mengejutkan: Generasi muda sekarang banyak berpotensi untuk menderita beberapa macam penyakit seperti jantung, hipertensi, ginjal dan sebagainya. Selain itu mereka banyak yang kapasitas kinerjanya tidak optimal. Bahkan beberapa kasus jantung koroner muncul sebelum usia 60 tahun, padahal normalnya jantung koroner menyerang diatas usia 60.

Potensi tersebut disebabkan perilaku sehari-hari yang kurang sehat. Itulah sedikit pencerahan masalah kesehatan dari Abadan Life Support.

Kondisi paling fit manusia bisa didapatkan pada usia 30 tahun. Tetapi yang terjadi sekarang banyak orang usia lebih muda sudah berpotensi tinggi terkena penyakit.

Dengan perilaku sehat kita dapat mengusahakan kondisi tubuh sehat pada usia 70 tahun seperti pada usia 30 tahun. Perilaku sehat diantaranya adalah menjadi active person.

Gerak dapat membantu tubuh kita untuk lebih sehat, aktifitas aerobik adalah gerakan yang terbaik untuk kesehatan. Latihan aerobik lebih baik lagi kalau bisa terukur, karena kita memerlukan ukuran seberapa sehat kita dan apa saja parameternya.

Parameter tubuh fit dan sehat diantaranya adalah:

  • Jantung, denyut jantung istirahat orang sehat 60 denyut per menit, untuk seorang atelit bisa mencapai 30 denyut per menit.
  • Pembuluh Darah, kelenturannya harus cukup, bisa terlihat pada perbedaan tekanan sistolik dan diastolik darah sebesar minimal 40.
  • Paru-Paru, harus cukup elastis untuk menyerap banyak oksigen.
  • Otot, harus cukup elastis, ditandai dengan tidak mudah nyeri & pegal-pegal karena strecthing. Ada tiga jenis otot sesuai fungsi gerak yaitu: otot gerak lambat, gerak cepat dan emergency, ketiganya harus aktif dan elastis.

Beberapa contoh perilaku sehat yang jarang disadari karena keasyikan kerja dan kesibukan tinggi diantaranya adalah:

Duduk tidak lebih satu jam. Duduk lebih dari satu jam tidak sehat, maka tiap jam perlu diimbangi dengan gerakan lain seperti berdiri, jalan dan baik juga melakukan gerakan jinjit-jinjit. Itu berhubungan dengan posisi otak kita yang berada di atas (di kepala). Untuk hidup sehat kita harus menjamin otak kita mendapat suplai darah yang cukup, sedangkan posisi duduk memperberat kerja jantung memompa darah ke atas. Kekurangan darah di otak dapat menimbulkan berbagai penyakit yang sering tidak kita sadari sebelumnya.

Gerakan membungkuk seperti orang Jepang kalau memberi hormat, juga bagus untuk pemperlancar aliran darah ke otak. Gerakan ini juga terdapat pada latihan-latihan relaksasi dan aeorobik.

Gerakan kaki seperti berjalan membantu memompa kembali darah ke jantung, sehingga meringankan kerja jantung (ini baru ditemukan sekitar 2 tahun yang lalu).

Tersenyumlah karena senyum itu ibadah! Dengan senyum (yang alami) dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak bisa tersenyum (cemberut dan tegang) selama 5 menit akan menurunkan daya tahan tubuh selama 6 jam !😀😎

Comments on: "Perilaku Sehat" (8)

  1. Sbg perbandingan, dari Nightingale-Conant, saya dapetin informasi ini ttg kondisi kesehatan orang2 di Amerika:

    – 65% of Americans are overweight, up 18% since 1994…
    – 30% of Americans are obese, up from 36% since 1994…
    – Over 40% of Americans have high cholesterol…
    – 92% of Americans are deficient in one or more essential
    vitamins and minerals…

    berakibat pada:

    Americans spend $117 billion EVERY year treating obesity-
    linked diseases including heart disease, diabetes, dementia,
    cancer, arthritis and more…

    And over $50 billion is spent annually on weight loss
    alone…

    Of the $1.9 trillion spent on health care (16% of US
    GNP), ONLY 2% is spent on prevention…

    And not surprisingly, health care costs have exploded by
    250% from $717 billion in 1990 to $1.9 trillion in 2004…

    Nah to…itu Amerika. ndak tau lagi klo angka di Indonesia ^_^

  2. #1 Tidak tahu pasti angkanya tapi menurut beberapa sumber di seminar yang saya ikuti, biaya kesehatan untuk pegawai negeri dan karyawan di Indonesia termasuk tinggi. Gangguan kesehatan yang diderita kebanyakan karena perilaku kurang sehat yang terakumulasi.

  3. wah kerjaan saya tiap hari lebih banyak duduknya (ngeblog, dll.) daripada olah raganya, gemana ini kawan? Bakal terkena apaan saya ini? Mohon pencerahannya

  4. #4 (mrtajib), prinsipnya tubuh kita memerlukan gerak yang cukup dan keseimbangan agar semua fungsi bisa berjalan dengan baik. kalau kita termasuk orang yang kurang aktif bergerak, besar kemungkinan punya problem kesehatan. kalau memang anda kurang gerak aktif misalnya bekerja dengan duduk berjam-jam, tanpa deselingi kegiatan lain maka itu termasuk pola hidup kurang sehat. Akibat yang ditimbulkan bisa bervariasi karena masih ada pengaruh lain seperti pola makan dan pola pikir. tapi singkatnya kl dominasi kegiatan kita terlalu banyak duduk dan kurang kesimbangan gerak, mungkin akibat paling dekat adalah kurangnya pasokan darah ke otak. dalam jangka panjang sangat tidak baik.

    gerak aktif yang ideal adalah aktifitas aerobik yang tepat. tetapi gerakkan yg menyehatkan mungkin juga terdapat dalam kerja, misalnya berjalan atau mencangkul di sawah. jadi mungkin saja tak disadari kita sudah aktif gerak tiap hari dan tubuh kita jadi menjadi sehat.

    cobalah mengaca bagaimana pola kerja, pola makan dan kesehatan anda. kalau anda banyak kerja di depan komputer ada baiknya setiap satu jam diselingi istirahat, misalnya dengan berjalan setidaknya 5 menit atau secukupnya. selagi masih muda cobalah berpola hidup sehat karena kesehatan berguna seumur hidup

  5. Not the secret, that supports correctly picked up diet of vitamins and strengthens health. But how correctly to pick up a complex of vitamins C the account of personal bearableness. WBR LeoP

  6. ajaran islam dan praktek pada umumnya teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam gerakan sholat. perilaku sehat terkandung di dalamnya. minimal 5x waktu dalam sehari kiat mengerjakannya. di saat subuh, gerakan sholat sebagai awal kehidupan agar kita semangat yaitu dengan menggerakkan badan melalui gerakan sholat. kala dhuhur, dimana kita butuh istirahat sejenak, melemaskan otot yang kaku dan tegang yaitu dengan gerakan sholat. ashar tiba, 4 rakaat jumlahnya membuat tubuh kita rileks kembalai setelah lelah beraktivitas. magrib dan isya begitupula ritme gerakannya membuat kita senantiasa sehat bugar. selamat menikmati hidup sehat dengan sholat!!!
    call me 085228017951

  7. penting!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: