Share the Dreams

Menilai Presentasi

Kemarin sempat mengamati presentasi tender untuk pembuatan web sebuah pusat informasi. Pesertanya adalah beberapa web designer dari sekitar Jogja. Terlihat banyak kekurangan dalam menyampaikan proposal bisnis, bukan pada masalah kemampuan membuat web, tetapi masalah kesan dan kelayakan. Bagi client, nilai kelayakan adalah: kesan profesional, ketepatan, kehandalan, kualitas SDM (kecepatan, pengalaman, pelayanan) dan tentu masalah biaya.

nilai.jpg

Dari sisi presentasi saja ada dua jenis kekurangan, pertama peserta tidak cukup paham obyek informasi dan kebutuhan dari client, sehingga bisa jadi malah menawarkan sesuatu yang tidak dibutuhkan. Sebagai contoh ada yang menjelaskan tentang profil perusahaan, ada juga yang mengatakan minim informasi tentang obyek yang akan dibuat. Seharusnya peserta berusaha mempelajari dulu apa yang dibutuhkan client, jangan hanya menduga-duga atau menganggap sudah tahu apa kebutuhan client.

Kedua, materi yang tidak mencukupi, misalnya: company profile terlalu lama, tidak fokus ke permasalahan, slide tidak dalam pointers tapi paragraf, susah dibaca, slide tidak memandu secara sistimatis, tidak terintegrasi: mulai dari model, system, maintenance, biaya, tidak jelas menampilkan kekuatan/kelebihan, terlalu banyak bahasa dan listing teknis, intonasi kurang pas, substansi yang ditawarkan kurang tepat guna & sasaran.

Secara umum menjadi presentasi yang kurang bagus dan memberikan kesan kurang profesional. Padahal penilai tahap awal biasanya lebih suka scanning dibanding reading, sehingga kesan pertama sangatlah penting untuk menuju penilaian lebih detil.

Dari pengalaman ini bisa diambil pelajaran: ada dua nilai yang berharga dalam presentasi yaitu kesesuaian dengan kebutuhan client dan presentasi secara profesional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: