Share the Dreams

Google Zeitgeist

Zeitgeist dari bahasa Jerman secara harafiah artinya adalah time spirit (jiwa dari suatu waktu). Namun Google memberi makna agak berbeda yaitu the general intellectual, moral, and cultural climate of an era. (intelektual, moral dan kultur umum pada suatu era).

http://www.google.com/intl/en/press/zeitgeist.html

Content dari zeitgeist sebenarnya adalah pengelompokan keyword yang banyak dicari orang. Apa yang paling banyak dicari secara singkat bisa kita interpretasikan itulah yang menjadi minat orang secara umum. Bisa juga kita katakan yang sedang populer dan yang ada dalam pikiran (intelektual) banyak orang. Karenanya hal itu juga menggambarkan perilaku moral. Perilaku tersebut menggambarkan kultur yang berlaku pada suatu waktu.


celeb1.gifnature1.gifnature3.gifphenom4.gifworld3.gif

Jadi itulah kiranya mengapa Zeitgeist mempunyai arti cukup luas. Lalu apa arti informasi semacam itu?

Zeitgeist menampilkan akurasi pada statistik, orisinalitas dan kecanggihan. Meski sederhana tetapi cukup cantik untuk dilihat dan dianalisis. Ada tiga kelompok fungsi yang sering dimanfaatkan dari informasi semacam itu:

Hiburan
Dalam hal ini keakuratan kurang diperhatikan, yang lebih penting adalah fantasi dan sensasinya. Misalnya saja saat ini yang lagi ngetop adalah nama petenis Rusia Maria Sharapova maka itulah yang menjadi tren utama saat ini. Tetapi meski hanya fantasi itupun telah mempengaruhi kultur. Contohnya adalah adopsi terminologi dan fantasi itu dalam lirik atau judul musik, drama dan film seperti Star Trek, Star Wars dan sebagainya.

Bahan Riset
Kalau yang ini lebih serius pada keakuratan dan ketersediaan data. Ada riset yang perlu waktu cepat membutuhkan raw data untuk berbagai keperluan dan menghasilkan data yang lebih spesifik lagi (tergantung keperluan dan bidangnya). Selanjutnya bisa ditindak lanjuti sebagai sumber data dan referensi.

Data dan Referensi
Hampir sama dengen riset, bedanya kalau referensi sudah memanfaatkan data sebagai dasar berpijak misalnya untuk mengambil kesimpulan, langkah strategik, menemukan pasar, menentukan arah diversifikasi produk dan sebagainya.

Kesimpulannya informasi adalah suatu yang berharga dan mempengaruhi kultur mulai dari hal sepele sampai serius.

Comments on: "Google Zeitgeist" (1)

  1. Reblogged this on Hamchan's Blog and commented:
    Uncatagori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: