Bermain dengan Hotspot

Kata hotspot dulu banget.. sering terdengar dalam berita ketika sedang membicarakan citra satelit pada peristiwa kebakaran (hutan). Citra satelit yang terdapat sorotan panas (hotspot) mengindikasikan bahwa pusat-pusat kebakaran ada di daerah tersebut.

Analog dengan itu tetapi beda konteks, hotspot saat ini menjadi kata untuk menunjukkan area yang terjangkau layanan wi-fi (wireless fidelity) atau jaringan nir kabel. Dalam area tersebut terdapat titik-titik pusat pancaran wi-fi yang disebut access points. HotSpot akhirnya menjadi suatu istilah yang menunjukkan adanya fasilitas internet tanpa kabel pada suatu area. Dan bila kita bicara masalah hotspot saat ini, maka yang dimaksud adalah adanya wireless network atau wi-fi, khususnya adalah Internet. Coba googling aja: hotspot pasti berhubungan dengan internet wi-fi.

Pengalaman saya mengutak-atik hotspot service pada Mikrotik Router OS disana terdapat semacam management yang cukup tricky terhadap metode akses ke jaringan/internet. Fitur apa saja yang ada  diantaranya adalah: servers, users, host, ip-binding, wall garden dan cookies.

Ya ampun.. saya merasa ketinggalan, ternyata yang dimaksud hotspot tak mudah untuk didefinisikan hanya sebagai wi-fi service saja. Tetapi hotspot adalah sebuah sistem khusus untuk mengatur dan mengelola akses internet menjadi lebih baik.

Cukupkah HotSpot saja?
Networking saat ini tak bisa terlepas dari mobility & flexibility. Namun demikian kebebasan tanpa pengaturan bisa mendatangkan masalah dari tersendiri. Misalnya bila pemakai wi-fi service ternyata bukan orang yang diharapkan untuk memakainya. Akibatya mungkin saja terjadi: bandwidth penuh, akses lambat, biaya internet membengkak, selain itu jaringan lokal menjadi rawan terhadap intruder (penyusup).

Bila jumlah user tidak begitu banyak dan tidak tersebar berjauhan maka sebagai pengendali keamanan bisa kita gunakan software di access point misalnya WPA (Wireless Protection Access). Tapi itu takkan cukup untuk mengelola banyak user yang dinamis, berpindah-pindah dan menginginkan password pribadi.

Dalam hal ini baik sekali bila diterapkan user management yang terpusat. Tak berlebihan bukan bila saya menyebutnya HotSpot Management System, didalamnya terdapat metode untuk autententikasi, autorisasi serta accounting. Itulah yang menjadi tantangan saya saat ini untuk diterapkan di area organisasi, meliputi office area:ruang kerja, ruang rapat, ruang sekretariat, lab dsb, serta office public area: auditorium, convention hall, lobby, taman, cafe, kantin, dll.

HotSpot with AAA (baca triple A)
Metoda AAA (baca triple A)  ini yang akan saya terpakan untuk melengkapi pengembangan hotspot di kantor saya. Arsitektur AAA sangat membantu saya untuk mengelola jaringan dan akses internet lebih baik.

HotSpot Berjalan di Kabel
Hotspot Service dapat dijalankan di kabel jaringan bukan hanya wirelss saja. Ya begitulah, jadi istilah hotspot bukan hanya milik wi-fi. Hotspot yang merupakan system bisa dijalankan di kabel jaringan.

About these ads

44 responses

  1. Saya dan teman di kantor kami, baru saja selesai bikin hotspot (baca: sekedar sharing internet) mungkin bisa berbagi apa saja yang bisa kami lakukan agar hotspot kami tetap terjaga dengan baik, jauh dari tangan-tangan jahil yang kurang bertanggungjawab alias iseng. Mungkin software apa saja yang diperlukan untuk merawat jaringan internet kami agar tetap sehat. Sejauh ini kami juga belum menerapkan manajemen pembagian bandwidth (semacam microtik) atau apa bahasa yang pas … maaf kami masih awam. Demikian dan terimakasih.

  2. @baz: Untuk melindungi jaringan yg tersambung dengan internet sangat baik bila diterapkan Firewall. Ada berbagai jenis dan software firewall saat ini, tinggal pilih mana yang cocok. Patokannya adalah: performa/kinerja bagus, bandel, tak mudah hang. Mungkin yang anda maksud adalah melindungi wi-fi agar aman, kl demikian ada beberapa cara, mulai yg paling gampang yaitu dgn mengaktifkan enkripsi yang ada pada wi-fi router misalnya WPA/WEP. Atau dengan Mac Address Restriction yaitu hanya komputer yang alamat hardwarenya (MAC Address) ada dalam daftar yang bisa tersambung ke wi-fi selain itu akan ditolak.

    Cara yang lain adalah dengan menerapkan proteksi hotspot system pada sub jaringan yang dikehendaki. Dengan demikian pengguna harus melakukan login terlebih dahulu bila akan menggunakan program apapun yang memerlukan koneksi internet. Database user bisa disimpan secara terpusat menggunakan radius server atau user manager sehingga tidak masalah dalam menangani user yang sangat banyak sekalipun. Cara ini diperlukan bila usernya banyak dan dinamis serta memerlukan banyak parameter pengatur user. Salah satu software pengatur hotpsot yang baik diantaranya adalah Mikrotik.

  3. maaf menggangu saya ingin tahu cara membuat hotspot itu bagaimana apa saja bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat hotspot ?…..

    1. @susanto, hotpsot yang dimaksud disini pada prinsipnya adalah internet sharing (memakai internet bersamaan dengan satu koneksi). Media untuk sharing bisa melalui kabel jaringan, sedangkan yang populer saat ini menggunakan media wi-fi (tanpa kabel). Bila internet sharing menggunakan wi-fi maka sudah bisa disebut dengan Hotspot. Untuk membuat internet sharing anda bisa berjalan dengan wi-fi, alat tambahan yang diperlukan adalah wi-fi router atau wi-fi hub. Ada banyak versi dan merk wi-fi router, mulai dari yang sederhana yang berfungsi sbg hub saja, sampai yang berfunsi sebagai router dan storage. Untuk sistem yang lebih kompleks lagi misalnya untuk hotspot user management dengan skala lbh besar memerlukan alat tambahan berupa hotspot server dan radius server.

  4. Tertarik dengan topiknya…saya nemu problem.
    Saya sudah buat jaringan hotspot dan bisa dipanggil lewat handphone (HP). Tapi masalahnya hotspot saya nggak bisa manggil internetnya. Jadinya pada HP muncul pesan “No Gateway Response”
    Saya pake router linksys wrt310n tapi saya nggak pake WANnya. Untuk internetnya saya pake AirCard PCMCIA dengan IM2 Broom.
    Jadi persoalan saya adalah AirCardnya tidak bisa dipanggil lewat hotspot.

    Mohon petunjuknya.
    Terima kasih.

    1. @Jodi: Bila anda tidak memakai WAN port maka anda harus mempunyai koneksi internet dengan router sendiri. Dalam hal ini PC atau notebook anda yang konek dengan IM2 Broom harus berfungsi sebagai router. Jadi harus ada program semacam router dalam notebook anda yang bisa membagi pemakaian internet melalui port ethernet (LAN Card) dari notebook anda ke pc/notebook lain. Program tersebut contohnya adalah windows internet sharing. Pastikan konfigurasi itu bisa berjalan dan pc lain bisa konek melalui notebook anda. Setelah itu baru sambungkan notebook tadi ke wifi router anda (linksys wrt310n), pada salah satu portnya (selain port WAN). Kemudian cobalah konek dari pc lain ke wifi, jangan lupa setting ip address nya harus benar. Sebenarnya port WAN dipakai juga bisa, bahkan akan lebih memudahkan dan meringankan kerja notebook anda.

  5. bleh minta tolong ga ….. sy dah bangun jari wifi menggunakan antena omni, gmana caranya bikin proteksi nya yachhhh……??? byar orang gk bs maen internet gratis …..trus gmana caranya ya byar ip qta gk bs dibaca orang yaachhhhhhh tulung yach ….????

    1. @arjun: lihat jawaban pertanyaan serupa diatas. Proteksi wifi bisa dilakukan pada router/hub wifi anda dengan mengaktifkan fitur security WPE/WPA/WPA2, atau dengan hotspot server. Agar ip kita tidak terbaca orang lain melalui jaringan internet gunakan firewall.

  6. maaf mas,ikt numpang nanya,saya pendatang baru didunia internet(br belajar/masih awam masalah wifi)hehhe. saya tertarik dgn topik mas diatas,sy pengen buat hotspot kecil dirumah tp g tau cara setingnya mohon panduannya :D yg sy punya adalah modem huawei e270,komputer/pc pentium4,usb wifi TP-LINK (T-L W422G) dan sebuah hp yg ada wifi-nya. nah menurut mas cahya gmn cara seting benda tsb biar bisa jd free hotspot yg bs sharing ma hp/komputer lain dgn wifi? sejauh ini saya pernah coba tp g bs conec apa lg browsing padahal di ssid yg saya buat ter ditect ma wifinya hp sy :( mohon pencerahan apa yg hrs saya lakukan? makasi bgt atas tanggapannya. saya tggu sarannya lewat email saya,makasi.

    1. @made_roy bila anda ingin sharing internet dng peralatan seperti yang anda punya, pertama pastikan pc anda bisa connect ke internet dengan modem huawei e270 (tes apakah pc anda sudah bisa browsing internet). Kemudian pasang usb wifi anda (TP LINK). Berikutnya aktifkan internet connection sharing (salah satu fitur yg terdapat di pada windows xp), ada di menu control panel -> network -> properties dari network card (dlm hal ini TP-LINK TL W422G yg anda sebutkan). Pilih menu advance dan aktifkan pilihan: allow other network users to connect trough this computer internet’s connection. Perlu anda set juga usb wi-fi anda sebagai access point (defaultnya adalah ad hoc atau client). Setting ini terdapat pada software dari TP LINK TL-W422G, jadi softwarenya bersama drivernya usb wifi harus di-instal dulu. Jangan lupa setting tcp/ip harus benar antara komputer anda dan komputer lain yang akan terhubung.

  7. wah makasi atas tanggapannya, cara diatas udah saya coba tp ttp ga bs terhubung,muncul tulisan limited or no connectivity. kira2 permasalahannya apa y? :)

    1. @made_roy: bila muncul pesan netowork limited or no connectivity itu karena anda tidak menggunakan DHCP server (yang bisa memberikan alamat IP secara otomatis pada tiap pc), sedangkan setting default windows utk IP address adalah menerima IP dari DHCP server. Bila anda tidak menggunakan DHCP maka perlu men-setting IP address secara manual. Menunya ada di control panel -> network connections -> network card (properties) -> tcp/ip (properties).

  8. makasi mas,tp saya bingung hrs ngisi IP address, subnet mask, default gateway, preferred DNS server dan alternate DNS server nya dengan apa? hehehe masi awam :D

  9. @made_roy: pd prinsipnya pemberian ip bebas yg penting harus benar, sbg contoh coba anda set ip utk tplink (klik properties) ip address=192.168.1.1 subnet mask=255.255.255.0 sedangkan untuk pc yg akan connect ke tp-link tsb diset ip address=192.168.1.10 subnet mask=255.255.255.0 default gateway= 192.168.1.1, DNS server= 192.168.1.1 sekedar contoh setting yang benar, selamat mencoba.

  10. makasi (theachr/guru) hehe :D
    dengan cara diatas,hp ato laptop saya bs terhubung dan connect, tp pas browsing g bs,di taskbar wireless connection 4(peer to peer) status terhubung speed 54.0 Mbps tp status signal strength: no signal. kayaknya diwireless card ( usb TL-WN422G) ga dapet koneksi dari modemnya (huawei e270) saya buka jg di “view available wireless networks” tp ga ada,sy dah coba nge refresh network list tp ttp g ada “no wireless network were found in range” kira2 gmn y? tp saya dah puas sejauh ini hehehe makasi atas “ilmunya” maafin jg kalo sy ngerepotin+bnyak nanya :D

    1. @made roy: anda perlu tes utk kedua pc, pertama pc yg ada modem (huawei e270) apakah bisa browse ke internet.? kl blm bisa berarti ada masalah dng koneksi internetnya. Tes yg kedua dari pc lain atau hp yg akan connect melalui pc pertama tadi, cek apakah koneksi IP dgn pc pertama bisa dilakukan.? Bila blm bisa maka ada masalah dgn koneksi ke pc kedua ke pc pertama. Gunakan utility ping untuk melakukan tes.

      Mengenai signal strength yg tidak ada sama sekali kemungkinan karena control utk wi-fi diambil alih oleh software TP Link sehingga tidak terlihat di status views pada windows anda. Utk itu anda hrs melihatnya dari software usb client dari perangkat yang bersangkutan, misalnya software dari TP Link WN422G. Karena itu setelah install driver/software yang bersangkutan perlu diaktifkan utk melihat statusnya.

  11. mau nanya neh, gmna kla mau nyeting wifi,agar siapa saja yang dah konek ke wifi nya langsung kebuka web yang kita inginkan langsung, apa ada merk tertentu,,?/???
    mohon pencerahannya…ty

    1. @ahmad: anda perlu software semacam hotspot management, misalnya saja mikrotik hotspot service. Ada juga software lain yang free under linux.

  12. maaf nih sebelumnya, saya baru belajar mengenai internet. saya sudah bisa ngambil hotspot free dengan wajan bolic tp-link wn322g dengan signyak yang cukup bagus dan lancar sekali untuk internetan yang saya tanyakan bisa gak saya bikin hotspot lagi di rumah (di pancarkan lagi) agar anak saya bisa acces dengan dengan laptonya.dan perlu di ketahui, saya sudah beli untuk accespoinnya TP-LINK WN422G mohon nih pencerahannya ok trim sebelumnya

    1. @sugeng; Untuk memancarkan kembali ke media wifi anda perlu peralatan wifi yang disetting sebagai access point. Setelah terpancar, sinyal wifi bisa anda tangkap dg pc lain melalui wifi client (misalnya TP-Link WN422G). Untuk membuat internet anda bisa dipakai bersama dengan pc lain perlu software pengatur khusus yang disebut dengan router/NAT. Perlu diketahui bahwa TP-Link WN422G adalah wifi client bukan access point. Access Point bisa saja dibuat dengan wifi client, tetapi perlu pc untuk setting dan eksperimen. Akan jauh lebih praktis dan lebih baik hasilnya bila anda menggunakan wi-fi access point yang sudah terdapat router didalamnya untuk memancarkan koneksi internet anda (misal: D-link DIR-300, atau Linksys WRT-64G atau TP Link). Kemudian gunakan wifi client untuk mengaksesnya dari pc lain.
      Bila anda tetap ingin menggunakan TP-Link WN422G anda utk mengkonekan dgn laptop bisa saja. Pastikan laptonya mempunyai wi-fi client. Pasang TPL WN422G ke usb pc anda dan intsall softwarenya. Setting TPL WN322G sbg ad hoc 9selain client). Aktifkan internet sharing pada windows anda. Kemudian coba konek dgn laptop.

      1. pernyataan diatas: “TP-Link WN422G adalah wifi client bukan access point..”…..bukannya WN422G bisa jadi AP? mohon pencerahannya

      2. @zoel & wawan: untuk membuat TP-Link WN422G menjadi AP (access point) anda perlu menginstall software driver + utility dari TP-Link biasanya disertakan dalam cd drivernya. Jadi utility harus diinstall bukan driver saja, setelah semua terinstall dan terdeteksi dengan benar, buka utility menu disana ada menu untuk mengubah client menjadi AP, tapi ingat kerja AP sepenuhnya memerlukan CPU komputer dengan kata lain AP tersebut bisa bekerja bila CPU hidup. Setting selanjutnya adalah mengubungkan interface ethernet sbg gateway dan TP Link 422G sebagai AP.

  13. jadi gak bisa di seting langsung di wifi tsb,,ya,,
    hmm,,hmm,jadi agak repot ya…

    1. @ahmad; sampai saat ini tidak bisa konek ke wifi dan otomatis membuka web, karena koneksi wi-fi tidak melalui (perlu) web. Yang ada adalah buka web langsung ketemu hotspot manager dan program hotspot manager itulah yang akan membuka web intro yg kita inginkan.

  14. Makasih informasinya, untuk seting AP dengan wn422g memang susah sudah saya lakukan.dan gagal. ok sekarang saya akan gunakan TP-link WA601G untuk AP nya. nah saya maunanya lagi nih cara setingnya trim sebelumnya.

    1. @sugeng; TP-link WA601G adalah wireless router, untuk setting default router semacam itu biasanya langsung bisa digunakan. Hubungkan port RJ45 (UTP) ke internet, kemudian coba akses dari pc (lebih dari 1 pc bisa mengakses internet bersamaan). Setting lain tentunya bisa dilakukan bila perlu, misalnya security agar tidak digunakan orang lain yang tidak anda ketahui.

  15. maunanya laginih tp-link wn422g digunakan tanpa memasang antenanya apa bisa?

    1. @sugeng; TP-Link WN422G terdapat antena yang bisa dilepas (detachable). Biasanya kl dilepas untuk disambungkan dengan antena lain yang mempunyai kable+konektor. Bila transmitter berdaya besar bekerja tanpa antena akan menimbulkan kerusakan. Logikanya WN422G juga tramsmitter, bedanya: dayanya sangat kecil. Bila tanpa antena kemungkinanya kecil utk mengalami kerusakan karena disipasi daya tidak terlalu banyak menimbulkan panas pada komponen. Pengaruh yang nyata bila tanpa antena adalah sensitivitas akan menurun banyak.

  16. Selamat pagi Pak .Saya sudah coba seting TP-link WR543G untuk hotspot. dengan wajan bolic tp-link wn322g sebagai station (penerima) saya coba browser dengan laptop kok belum bisaya padahal signyal sudah kedetek di laptop dan saya coba browser lewat pc lancar-lancar saja mohon pencerahan lagi nih cara seting yang benar (yang konek dilaptop hanya signyal wr543g saja sedangkan internetnya belum konek)

    1. @sugeng; masih susah untuk membayangkan seperti apa konfigurasi yang anda pasang. menggunakan router semacam tp-link WR543G ada dua pilihan setting otomatis atau manual. biasanya default setting (sebelum diubah) adalah otomatis, krn ini yang termudah. asumsinya setting internet (interface/connection) yg ada pd client (dlm hal ini laptop anda) juga hrs otomatis (default sebelum diubah). bila sudah demikian mestinya begitu laptop konek konfiguasi didapat secara otomatis dari router dan langsung bisa menggunakan internet. router wr543g hanya perlu mendapat input pada port WAN (UTP/RJ45) yang terhubung ke internet, selanjutnya client bisa connect melalui wi-fi. jadi pastikan port WAN terbung dgn internet. Masalahnya adalah mungkin koneksi internet anda menggunakan usb client dimana konektornya adalah usb (yg masuk ke pc), ini tidak bisa langsung masuk ke port WAN pada WR543G, jadi harus melalui pc dgn ethernet baru bisa konek ke port WAN. Untuk itu pastikan PC anda mempunyai internet connection sharing.

  17. Mas aku mau tanya didaerahku banyak kali banyak skali jaringan wifi land tapi setelah aku coba ko rata-rata menggunakan Log In +Password trus cara mendapatkan Log In + Password nya dari mana atau mungkin ada cara lain/software yang bisa atasi masalah ini. terus ada juga signal 50% ko gak bisa konec itu kira-kira apanya ya Mas apakah ada solusinya, Trim’s
    mohon balasannya di Email ku
    siswanto76@ymail.com

    1. @herry; banyak yg menerapkan login & password utk security sehingga tidak sembarang orang bisa menggunakan, hanya yg terdaftar saja yg bisa menggunakan. Untuk mendapatkan login & password harus tahu siapa yg punya hotspot tsb lalu minta account (kl memang diperbolehkan). Software untuk mendapatkan login & password tidak disarankan karena itu menyalahi etika dan bisa juga melanggar hukum. Lagian kalau hotspot dienkripsi wifi sangat sulit & hampir tak mungkin untuk bs memecahkan login & passwordnya. Bila ada sinyal cukup besar tetapi tdk bisa connect artinya pc atau notebook anda berada diluar daftar (tidak terdaftar) yg diperbolehkan untuk konek ke wifi. Ini untuk security & safety membatasi koneksi sehingga bisa meminamalisir kepadatan trafik data yang tidak diinginkan.

  18. saya sudah membangun jaringan hotspot di lingkungan rt dan sudah berjalan. tapi kemudian radio untuk pemancar omni (100mW) rusak dan sedang dalam masa servis. sebagai backup sementara, saya berencana menggunakan tp-link wr543g untuk radio omninya. pertanyaan saya, tipe kabel apa yg harus saya gunakan (straight atau cross) untuk menghubungkan wr543g dengan router utama (r402m)? lalu bagaimana dengan perbedaan daya, wr543g pastinya tidak sampai 100mW dan saya kuatir dengan kualitas transmisinya? adakah cara mengakalinya (dengan adaptor yg lebih kuat atau semacam booster)? mohon bantuannya.
    terima kasih.

    1. @dodi; dalam spesifikasi wr543g semua port RJ-45 (untuk kabel UTP) bisa berfungsi auto MDI/MDIX artinya bila ada alat yang terhubung dgn kabel UTP baik cross maupun straight akan dideteksi dan wr543g akan menyesuaikan scr otomatis. Jadi bisa dgn kabel cross atau straight asal memenuhi kaidah penyambungan yang benar. Tentang daya, pakar yang saya temui memperdepatkan kemampuan suatu peralatan wi-fi bisa transmit sebesar 100mW. Walaupun saya sendiri sering melihat setting daya bisa sampai 100mW. Menurut pakar yg juga sbg authorized consultant suatu produk wireless, paling besar peralatan wifi bisa transmit hanya 60mw saja secara optimal. Lebih dari itu sudah harus menggunakan peralatan booster yang cukup rumit. Jadi agak rumit juga dipandang dari mana daya itu, apakah dari power yg dikeluarkan oleh ic, atau dari antennanya atau dari hal lain bisa berbeda. Kebanyakan lbh tepatnya menggunakan istilah dB, untuk wr543g speknya 17 dB. Maaf saya juga sedang mempelajari hal ini jd blm bisa banyak menjawab. Perlu diingat keberhasilan koneksi juga ditentukan oleh kemampuan wi-fi client. Untuk mengatisipasinya bisa dengan mengganti antenna dng dB yang lebih tinggi. Bisa juga dengan repeater mode (bisa menggunakan wr543g), jadi satu alat lagi dipasang sbg repeater tentu jangkauanya menjadi dua kali lipat.

  19. maaf. leptop sy bsa mendeteksi adanya sinyal hotspot. tp browser saya tidak bisa masuk ke internet. slalu error connection. tolong yng bsa bantu

    1. @Aziz: ada beberapa hal yg perlu di cek apakah laptop anda bisa konek ke internet salah satunya buka command prompt lalu ketikan: “ping yahoo.com” lalu tekan bila ada respon “reply..” maka laptop anda bisa konek ke internet, sedangkan bila ada pesan “unreachable” berarti laptop anda tdk bisa terhubung ke internet. Jadi tidak selalu connect ke hotspot otomatis konek ke internet.

  20. om mohon pencerahannya sedikit,, apa benar USB wireless TP-Link WN422G bisa di jadikan Acsess Point?? kalau bisa mohon bantuannya om cra settingnya?? saya baru beli tp gk tau cara seting Acsess pointnya…

  21. gmn caranya seting akses point tp-link tl-wn422g biar bisa dipake buat hotspot, pdhal driver sudah saya instal tp gk bisa konek. maklum msih awam

    1. @edi siswantoro, TL-WN422, adalah usb wifi client, anda bisa menyambungkan dengan akses point untuk koneksi ke internet atau jaringan lokal. Pastikan driver terinstall dengan benar dan utk koneksi bisa diatur melalu menu TP Link client utility atau melalui windows conectivity di icon bawah kanan.

  22. sorry gan ikut nanya neh, di kantor ane kebetulan ada hot spotnya, ane pake PC yg bisa nangkep signalnya pake wireles/wifi, kalo di luar jam kerja, disaat teman – teman udah g ada yg make komputer, ane biasa dowload file yg ukurannya 200an MB, di icon signal wifi terbaca, speed 54.0 Mbps + signal Excellent, saat ane download kecepatannya 30an KB/s, nah kecepatan downloadnya bisa di maksimalkan lg g gan? gmn caranya? Maturnuhun

  23. wow…. mana software nya

  24. Saya binggung dengan cra pembagian bandwidth!

    bisakah anda memberitahukan cara pembagiannya?
    thanks…….

    1. Untuk membagi bandwidth dengan QoS (Quality of Service), fasilitas tersebut terdapat pada router. Jadi diperlukan router utk melakukan QoS. Anda bisa menggunakan router yang sederhana misalnya dengan TP-Link, contoh:

      -TP-TP-Link: http://www.tp-link.com/en/article/?id=194
      -Cisco: http://www.cisco.com/en/US/products/ps6558/products_ios_technology_home.htm

  25. Thanks for sharing such a good thinking, piece of writing
    is pleasant, thats why i have read it entirely

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: